Laptop Kencang dan Mudah di Upgrade

Harga 7 juta an bisa gak ya dapet laptop dengan prosesor AMD Ryzen 5000 series yang kencang? Bisa! Ada Acer Aspire 5 Ryzen 5000 yang harganya 7 juta an saja dan sudah dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 5000 series.

Aspire dari Acer merupakan kelas laptop tipis dan ringan yang dibanderol dengan harga terjangkau. Prosesornya sendiri ditenagai oleh AMD Ryzen 5000 yang sudah 4 core dan 8 thread.

Laptop ini ditargetkan untuk pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran yang membutuhkan laptop terjangkau dengan performa yang cukup tinggi. Untuk RAM yang dipasang disini sudah 8 GB DDR4 3200, dimana ini adalah RAM onboard dengan konfigurasi single channel.

Dengan spek seperti itu, untuk kerja sehari-hari dan multitasking pasti mantep banget, apalagi kamu akan dapat layar yang lebarnya 15.6 inci. Lalu, apa lagi keunggulan dari Acer Aspire 5 Ryzen 5000 ini?

  1. Mudah upgrade RAM karena masih ada 1 slot sodium kosong sehingga bisa diaktifkan konfigurasi dual channel-nya. Menurut website Acer, kalian bisa menambahkan hingga 16 GB sehingga total bisa sampai 24 GB.
  2. Mudah upgrade storage, dimana storage awalnya 512 GB SSD m.2 pcie nvme dan bisa ditambah SSD atau hardisk 2.5 inci.
  3. Tersedia kabel SATA dalam paket penjualan.
  4. Sistem grafis sudah menggunakan AMD Radeon Graphics Integrated menggunakan 512 MB graphics memory dari RAM.
  5. Bentuknya compact dengan ketebalan hanya 1.7 cm. Rincian dimensinya yaitu: Panjang 36.3 cm, Lebar 25 cm, Tebal 1.7 cm, dan Bobot 1.7 kg.
  6. Charger-nya cukup ringan, hanya 140 gram.
  7. Baterainya 48 Wh, cukup besar sehingga sangat awet.
  8. Kecepatan charging nya luar biasa, dari nol hingga 100% hanya butuh waktu kurang dari 2 jam, tepatnya 110 menit.

Bagian yang bisa dibilang agak kurang mungkin bagian layarnya ya, karena panelnya masih TN dengan resolusi 1366×768. Jika kalian ingin tampilan layar yang lebih baik, pilihannya bisa pasang monitor extra atau pilih laptop lain.

Spek detail display-nya yaitu: panel TN 15.6 inci, resolusi HD 1366×768 piksel, 60 Hz, 220 nits, permukaan anti-glare. Bingkai kanan kirinya sudah lumayan tipis, tetapi bingkai atas agak tebal karena terdapat kamera.

Selain itu, cukup disayangkan bahwa konfigurasi RAM nya masih default di single channel. Sangat disarankan untuk upgrade ke dual channel terutama jika ada kebutuhan untuk edit video atau gaming tipis-tipis.

Sekarang, mari kita bahas sistem pendinginnya. Sistem pendingin merupakan faktor yang sangat penting dalam memilih laptop, karena laptop kencang tanpa sistem pendingin baik tentu kurang nyaman digunakan sehingga menurunkan produktivitas.

Sistem pendingin pada laptop ini menggunakan 1 fan dengan 2 heat pipe dimana intake-nya dari bawah dan exhaust kearah belakang laptop. Bodi laptop yang besar juga berperan menjadikan pembuangan panas lebih mudah sehingga laptop lebih dingin.

Jadi, berapa sih harga laptop ini? Harga resmi dari Acer Indonesia Rp 7.799.000,-. Menariknya lagi, jika kita browsing ke beberapa toko online, beberapa ada yang berani membanderol laptop ini dengan harga di bawah harga Acer pusat, jadi bisa lebih hemat.

Harga pembelian tersebut sudah termasuk:

  • Windows Home.
  • Microsoft Office Home and Student 2019 senilai 1.8 juta.
  • Garansi spare part 1 tahun dan garansi layanan selama 3 tahun.

By Pritta