Kursus menjahit untuk anak-anak bisa memberikan beberapa manfaat yang menyenangkan. Berikut adalah jenis-jenisnya.

1. Mengajarkan Kecakapan Hidup

Dengan pakaian dan aksesoris yang tersedia di toko online, belajar menjahit tidak lagi diperlukan untuk memiliki lemari pakaian.

Dengan demikian, sangat jarang keterampilan menjahit diturunkan dari orang tua kepada anak-anak akhir-akhir ini.  Namun, ketika jahitan robek atau kancing terlepas dari jaket, menjahit adalah keterampilan yang banyak orang ingin pelajari ketika mereka masih kecil.

Dengan demikian, mengajarkan dasar-dasar memasang benang pada jarum untuk dapat membuat perbaikan kain dengan cepat adalah keterampilan hidup yang penting yang harus dipelajari dan dimiliki anak-anak di kotak peralatan mereka seiring bertambahnya usia agar dapat mandiri.

2. Anak Lebih Sehat Mentalnya

Otak anak-anak seperti spons. Segala sesuatu yang mereka ikuti membantu mereka mempelajari sesuatu yang baru. Dan ketika keterampilan baru diperoleh, kepercayaan diri meningkat sehingga anak-anak menjadi sehat dan kuat secara mental.

3. Membuat Otak Anak Lebih Kreatif

Sisi kanan otak bertanggung jawab untuk semua hal kreatif. Dan ketika aktivitas seperti menjahit ikut serta, sel-sel di sisi otak itu menembaki semua silinder.

4. Melatih Anak Agar Telaten

Menjadi mahir menjahit membutuhkan waktu sehingga agar anak-anak menjadi pandai menjahit memerlukan kesabaran. Dan mengingat bahwa ini adalah sifat yang membutuhkan waktu untuk berkembang, kesabaran dan menjahit berjalan beriringan.

5. Saraf Motorik dan Otak Lebih Tersambung

Berdasarkan penelitian, otot yang digunakan untuk memegang pensil sama dengan otot yang digunakan untuk mengikat jarum. Dengan demikian, anak-anak yang lebih baik dengan mendapatkan benang melalui lubang jarum, penulis yang lebih baik mereka atau akan menjadi.

Menjahit juga membantu mengembangkan koordinasi tangan dan mata. Apabila koordinasi tangan-mata terus berkembang, maka mereka bisa mencapai keterampilan hidup lanjutan seperti mengikat sepatu dan menulis surat, dan bahkan dengan bermain olahraga seiring bertambahnya usia.

Karena itu, mereka tidak hanya mempelajari keterampilan hidup, tetapi juga memperkuat keterampilan yang sudah mereka kuasai.

Itulah beberapa manfaat kursus menjahit untuk otak anak. Sehingga jika mereka sedang liburan atau ketika mereka suka bidang itu, tidak ada salahnya jika Anda memberikan kesempatan untuk belajar bagi si kecil dalam menjahit.

By Pritta